Bagaimana Membuat Mesin Kopi Piccolo Dolce Gusto Tetap Awet?

Bagaimana Membuat Mesin Kopi Piccolo Dolce Gusto Tetap Awet?

Sama seperti mesin lainya, alat pembuat kopi Piccolo Dolce Gusto tentu memiliki masa pakai. Namun, masa pakai alat tersebut sebenarnya masih bisa diperpanjang asalkan Anda merawatnya dengan baik sehingga tetap awet bertahun-tahun.

Tips Merawat Mesin Kopi Piccolo

Hal paling penting jika ingin mesin kopi Anda tetap berfungsi dengan baik adalah melakukan perawatan rutin. Sayangnya, hal ini belum banyak diketahui sehingga kadang-kadang mesin tidak dibersihkan dengan baik.

Selain itu, kesibukan khususnya kaum muda di perkotaan kadang membuat Anda malas untuk melakukan perawatan rutin. Jika Anda ingin merawat mesin kopi dengan cara yang lebih efisien berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan.

  1. Hindari menggunakan bahan kimia

Sejak ada pandemi banyak yang menggunakan berbagai bahan kimia tambahan untuk membersihkan barang-barang yang sering dipakai. Meskipun hanya bagian luar mesin tetapi cara ini sebaiknya dihindari karena bahan-bahan tersebut belum tentu aman jika tercampur dengan minuman kopi Anda.

Selain itu, bahan-bahan tersebut bisa memengaruhi aroma serta cita rasa kopi yang dibuat. Lebih baik gunakan bahan pembersih food grade atau menggunakan air biasa lalu lap dengan kain bersih untuk mengangkat sisa kotoran di pembuat kopi Anda.

  1. Menggunakan sikat berbulu halus

Beberapa bagian dalam alat ini biasanya perlu dibersihkan dengan sikat terutama untuk bagian dalam mesin. Namun, usahakan untuk tidak memakai sikat yang terlalu kasar karena hal ini justru bisa merusak beberapa lapisan di alat pembuat kopi tersebut. Agar lebih aman sebaiknya gunakan sikat lembut atau sponge untuk membersihkannya.

  1. Gunakan air biasa

Khusus untuk membersihkan bagian dalam mesin yang tidak terjangkau maka Anda bisa membersihkannya dengan cara mencampurkan 1 kapsul kopi Nescafe dengan 0,5 L air biasa dan bukan menggunakan air panas. Hal ini bertujuan untuk melindungi beberapa komponen bagian dalam mesin yang cukup rentan terhadap suhu tinggi.

  1. Bersihkan bagian yang penting

Tidak semua bagian harus dibersihkan secara teratur namun ada berapa bagian yang membutuhkan perhatian khusus ketika dibersihkan. Beberapa contohnya adalah tangki air, wadah penadah serta sisi tempat Anda menempatkan kapsul kopi.

Anda bisa menggunakan kain lap yang agak basah namun lembut untuk membersihkannya. Ingat untuk tidak menggunakan sabun pencuci piring ketika membersihkan bagian mesin kopi ini. Selain itu, lap dengan kain hingga benar-benar kering. Jangan pernah membiarkan alat dalam keadaan basah setelah dibersihkan .

Hal ini disebabkan bisa menyebabkan Anda tersetrum jika tidak hati-hati. Mesin kopi yang dibiarkan dalam keadaan basah juga akan mudah rusak. Jadi, sebelum Anda menghubungkan kabelnya dengan sumber listrik untuk mengecek bagian bawah alat. Jika masih ada air yang membekas maka alat tersebut belum benar-benar bisa digunakan.

Berikut beberapa tips untuk membersihkan alat pembuat kopi seperti Piccolo Dolce Gusto dari Nescafe. Agar hasilnya lebih baik sebaiknya Anda membersihkannya secara rutin tiap 3-4 bulan sekali. Selain itu, karena alat ini biasanya memiliki garansi 1 tahun maka ketika ada sedikit masalah Anda bisa langsung memperbaikinya.