Didalam berinternet, butuh pula dicermati cara- cara yang baik dalam penggunaannya serta penerapannya. Hingga dari itu, dengan postingan ini hendak aku sampaikan sebagian metode yang aku tahu dalam berhadapan dengan dunia internet/ maya.

Metode Berkomunikasi

Ini merupakan metode dalam berbicara di dunia maya, baik dalam kondisi chating Online maupun kala kita menerima pesan e- mail yang pengirimnya memakai huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya pesan- pesan yang kita kirimkan, ataupun menanggapi persoalan panjang kita, dengan perkataan,“ aku kira begitu”, ataupun“ betul.” Nah, buat menghindari perihal itu terjalin, terdapat baiknya kita mengenali sebagian di antara lain:

Perlakukan e- mail secara pribadi

Bila seorang mengirim data ataupun gagasan secara individu, tidak sepatutnya kita mengirimnya ke forum universal, semacam kelompok tim, ataupun mailing- list. Email pada dasarnya merupakan perlengkapan komunikasi personal.

Jangan Membicarakan Orang Lain

Jangan membicarakan orang ataupun pihak lain, terlebih kejelekan- kejelakannya. Berhati- hatilah terhadap apa yang kamu tulis. E- mail voi.id mempunyai sarana bernama“ Forward”, yang mengizinkan sang penerima hendak meneruskannya( forward) ke orang lain.

Jangan pakai huruf kapital

Semacam halnya membaca suratkabar, ataupun pesan, membaca pesan e- mail yang memakai huruf besar/ kapital yang kelewatan tidak lezat dilihat. Tetapi di samping itu, paling utama dalam tata krama berbicara dengan email/ chat, pemakaian huruf besar[kapital] umumnya dikira berteriak. Bisa jadi saja artinya cuma buat berikan tekanan pada iktikad Kamu.

Jangan sangat banyak mengutip

Hati- hati dalam melaksanakan balasan( reply). Sarana‘ Reply’ dari sebagian besar program mailer umumnya hendak melansir pesan asli yang Kamu terima secara otomatis ke dalam isi pesan Kamu. Bila wajib melansir pesan seorang dalam jawaban e- mail, upayakan menghapus bagian- bagian yang tidak butuh, serta cuma menanggapi bagian- bagian yang relevan saja.

Jangan pakai CC( copy carbon)

Bila Kamu mau mengirim mail ke beberapa orang( misalnya di mailing- list), upayakan ataupun jauhi mencantumkan nama- nama pada baris CC. Bila Kamu melaksanakan perihal itu, seluruh orang yang menerima e- mail Kamu, hendak dapat memandang alamat- alamat e- mail orang lain. Biasanya orang tidak suka apabila alamat e- mailnya dibeberkan di depan universal. Senantiasa pakai BCC( blind carbon copy). Dengan metode ini tiap orang cuma dapat memandang alamat e- mailnya sendiri.

Jangan pakai format HTML

Bila Kamu mengirim suatu pesan berarti ke rekan Kamu, jangan pakai format HTML tanpa Kamu percaya kalau program e- mail rekan Kamu dapat menguasai kode HTML. Bila tidak, pesan Kamu sama sekali tidak terbaca ataupun kosong. Hendaknya, pakai plain text.

Jawablah Secara Masuk Akal

Jawablah tiap pesan e- mail secara masuk ide. Jangan menanggapi 2 3 persoalan dalam satu jawaban. Terlebih, menanggapi pesan e- mail yang panjang lebar, serta Kamu menanggapi dalam satu kata:“ Good.” Wah, ini sangat menyebalkan.

Hendaknya buat efisiensi pemakaian kata, pakai singkatan yang telah umum digunakan

Buat efisiensi pemakaian kata, frase ataupun sebutan By the Way(= ngomong- ngomong) dapat disingkat jadi BTW. In My Opinion(=menurut hemat aku) dapat disingkat IMO. Because(=karena) dapat disingkat jadi‘ coz. Pemakaian kata sapa Bahasa Inggris misalnya, kalimat How are you?, dapat ditukar jadi How R U? Kalimat“ Bagi hemat aku” dapat ditukar jadi IMHO( In My Humble Opinion) serta sebagainya.

Internet ialah suatu jaringan serta data global( dunia). Bayangan, sejuta khasiat dapat kita bisa cuma bermodalkan keahlian serta keinginan memakai internet. Misalnya, berkorespodensi dengan rekan dipenjuru dunia memakai“ pesan luar biasa ekspres”( email). Kita pula dapat dengan bebas mendapatkan informasi buat tugas sekolah, membaca kabar nasional serta manca negeri, mencari lowongan pekerjaan serta beasiswa serta masih banyak lagi perihal lain yang dapat kita miliki lewat Internet.

Pasti saja tidak segala isi di Internet bisa berguna, bila kita tidak sepandai- pandai dalam memakai Internet. Sebab sifatnya leluasa, hingga terdapat saja meteri ataupun isi yang bertabiat negatif di Internet. Misalnya pornografi, perjudian, sadisme serta rasisme. Belum lagi dengan aneka berbagai program jahat pc( virus, trojan, spyware) yang bisa mengganggu informasi, serbuan e- mail sampah( spam), penipuan, pelecehan intim serta pelanggaran pribadi.

Namun jangan takut, dengan uraian kita yang lumayan tentang Internet dan didukung kedewasaan kita dalam memilah perihal yang baik serta yang kurang baik, hingga kita bisa mengoptimalkan akibat positif Internet dan sekalian kurangi akibat negatifnya. Program“ Internet Sehat” ini bertujuan mengajak kita bersama supaya hirau dengan“ sehat- nya” Internet kita.