Cetirizine: Manfaat, Dosis dan Efek Sampingnya | Popmama.com
source gambar : popmama.com

Obat yang termasuk obat antihistamin adalah Cetirizine, obat yang satu ini bisa membatu Anda untuk meredakan beberapa gejala alergi misalnya:

  • gatal-gatal
  • mata berair
  • pilek
  • mata atau hidung terasa gatal

Obat yang satu ini bekerja dengan menghalangi zat tertetu yaitu histamine, zat ini biasanya di produksi oleh tubuh saat terjadi sebuah reaksi alergi. Obat yang satu ini tidak bisa mencegah gatau atau untuk mengobati reaksi alergi yang cukup serius.

Jadi saat anda mengalami alergi yang serius Anda akan di berikan obat epinephrine supaya reaksi alerginya bisa segera teratasi. Obat yang satu ini bisa Anda beli secara bebas tanpa harus punya resep dokter, Anda bisa beli langsung di apotek.

 

Aturan pakai Cetirizine

            Bagi Anda yang ingin mengobati alergi tanpa adanya resep sebaiknya And abaca semua petunjuk yang tertera di kemasannya sebelum Anda konsumsi obatnya. Anda juga bisa langsung melakukan kosultasi dengan apoteker supaya lebih yakin. Tapi jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter sebainya minum obat ini sesuai dengan saran yang telah diberikan.

            Tablet cetirizine ini tersedia dalam beberapa jenis, ada yang berbentuk tablet minum, tablet cepat larut, tablet kunyah, dan tablet isap. Minum dengan bantuan air putih. jika Anda mengkonsumsi obat yang berbentuk tablet kunyah sebaiknya Anda kunyah dulu sampai benar-benar lumat baru di telan. Anda bisa minum segelas air untuk membersihkan sisa obat yang ada dimulut.

            Jika tablet yang Anda konsumsi Adalahh tablet cepat larut sebaiknya isap tabletnya hingga benar-benar larut dilidah, jangan Anda gigit. Lalu telah dan minumlah air putih. bagi Anda yang meminum obat ini dalam bentuk cairan sebaiknya ukur dosisnya secara hati-hati. Gunakanlah sendok takaran yang tepat, jangan dibiasakan menggunakan sendok rumah karena dosisnya jadi tidak sesuai.

 

Dosis Cetirizine

Ini dia dosis konsumsi obat cetirizine yang telah direkomendasikan untuk di konsumsi orang dewasa:

  • Untuk mengatasi alergi yang terjadi pada orang dewasa, dosis untuk obat cetirizine yaitu sebesar 10 mg setiap hari di minum sekali atau bisa juga 5 mg dan di minum dua kali sehari
  • Untuk mengatasi alergi yang terjadi pada lansia, dosis untuk obat cetirizine yaitu sebesar 5 mg sekali sehari, konsumsi untuk dosis awal

Obat yang satu ini memang sudah aman untuk dikonsumsi anak yang usianya 6 sampai 12 tahun. Ini dia dosis konsumsi obat cetirizine yang telah direkomendasikan untuk di konsumsi anak-anak:

  • Untuk anak yang usianya 6 sampai 23 bulan, dosis obat cetirizine ini yaitu sebesar 2,5 mg sekali sehari. Untuk dosis maksimumnya sebesar 2,5 mg konsumsi dua kali sehari
  • Untuk anak yang usianya 2 sampai 5 tahun, dosis obat cetirizine ini yaitu sebesar 5 mg konsumsi sekali sehari atau 2,5 mg untuk dua kali sehari
  • Untuk anak yang usianya 6 tahun ke atas, dosis obat cetirizine ini yaitu sebesar 10 mg konsumsi sekali sehari atau sebesar 5 mg konsumsi dua kali sehari

Obat ini bisa dikonsumsi oleh anak di pagi atau sore hari, sebaiknya Anda usahakan untuk meminum obat ini di jam yang sama di setiap harinya, lakukan hal ini selama pengobatan.

 

Pilihan dosis Cetirizine

Obat yang dari ini tersedia dalam bentuk:

  • Tablet, oral: 5 mg dan 10 mg
  • Larutan, oral: 5 mg/5 ml, 2,5 mg/5 ml