Tokotrienol: Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bahan Kimia Vitamin E Ini

VITAMIN E DIPERLUKAN untuk berfungsinya tubuh dan otak kita. Baru-baru ini saya menulis tentang vitamin E, dan seorang pembaca yang cerdik bertanya-tanya apakah komponen vitamin E mungkin memiliki khasiat. Tokotrienol adalah bahan kimia dalam keluarga vitamin E dan menjadi fokus pembicaraan kita hari ini. Kita mulai dengan beberapa dasar sebelum beralih ke potensi manfaat kesehatan dari tokotrienol.

Apa yang ada di vitamin E? Nutrisi penting ini termasuk tokotrienol dan tokoferol. Sementara tokotrienol dan tokoferol serupa dalam kimia, yang pertama memiliki struktur yang disebut ikatan rangkap.

Rekomendasi Swab Test Jakarta

Anda mungkin menemukan tokotrienol dalam minyak sawit mentah, dedak padi, oat, barley, annatto, dan rye. Di sisi lain, Tokoferol ditemukan terutama dalam minyak nabati (seperti zaitun, bunga matahari, minyak safflower, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau).

Mengingat sifat antioksidan tokoferol dan tokotrienol, dapatkah mereka membantu peradangan, berfungsi sebagai agen anti-kanker, membantu kita menua lebih anggun, atau memiliki manfaat kesehatan lainnya? Hari ini kita fokus pada tokotrienol.
kesehatan otak

Mengingat beberapa kondisi kesehatan otak (seperti demensia) berhubungan dengan kerusakan radikal bebas, mungkinkah bahan kimia antioksidan tokotrienol memberikan manfaat?

Sementara peneliti laboratorium Malaysia telah menunjukkan baik tokotrienol dan tokoferol melindungi terhadap beberapa cedera radikal bebas pada sel-sel otak, saya tidak dapat menemukan bukti tingkat tinggi untuk mengkonfirmasi manfaat kesehatan otak pada manusia. Para peneliti di Nagoya (Jepang) memberikan beberapa bukti laboratorium bahwa mungkin ada beberapa aktivitas penyakit anti-Parkinson. Sekali lagi, laboratorium hanya petunjuk dan tidak ada bukti yang baik bagi kita manusia.

Satu tinjauan penelitian pada manusia menunjukkan kadar tokotrienol dalam darah yang lebih tinggi dikaitkan dengan hasil fungsi kognitif yang menguntungkan. Kami tidak memiliki bukti tingkat tinggi (seperti dari uji klinis acak) untuk mengatakan ini dengan pasti.
Kanker

Apakah tokotrienol menurunkan risiko kanker? Sifat antioksidan dari bahan kimia hanya bisa dibayangkan, tetapi sayangnya, tidak ada bukti tingkat tinggi yang menunjukkan pengurangan risiko kanker bagi manusia. Namun, penelitian laboratorium telah menunjukkan tokotrienol dapat meningkatkan kematian sel kanker payudara melalui proses yang dikenal sebagai apoptosis atau bunuh diri sel terprogram.

Ada bukti laboratorium bahwa tokotrienol dapat menekan bentuk kanker lainnya, termasuk usus besar, paru-paru, prostat, pankreas, dll.
Foto oleh Akshar Dave di Unsplash
kesehatan jantung

Sekali lagi, tidak ada data manusia yang meyakinkan. Data laboratorium menunjukkan janji tokotrienol untuk kesehatan jantung, tetapi kami membutuhkan uji klinis acak jangka panjang untuk menetapkan efektivitas. Bahan kimia dapat mengurangi pembentukan bahan bekuan di pembuluh darah, proses yang dikenal sebagai aterosklerosis. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa tokotrienol tidak menurunkan kadar kolesterol total atau low-density lipoprotein (LDL atau “jahat”).
Lainnya

Tokotrienol dapat membantu pengurangan risiko keropos tulang. Sementara nikotin dapat menyebabkan keropos tulang yang parah (osteoporosis), data dari penelitian hewan pengerat menunjukkan bahwa tokotrienol dapat menurunkan risiko. Jika penelitian pada manusia berhasil, suatu hari nanti kita dapat menggunakan tokotrienol untuk membantu tubuh kita mengganti tulang yang hilang.

Saya telah memperhatikan bahwa beberapa produk perawatan rambut dan perawatan kulit yang mengandung vitamin E mengandung tokoferol dan tokotrienol. Tokotrienol merupakan antioksidan yang secara teoritis dapat memperlambat kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Satu studi menunjukkan bahwa produk yang mengandung tokotrienol ini dapat melembabkan kulit dan mengurangi kerutan.
Efek samping

Apakah ada kerugian menggunakan tokotrienol? Tampaknya tidak ada efek samping yang konsisten dan serius yang terkait dengan penggunaan tokotrienol. Namun, harap pertimbangkan untuk mengobrol dengan profesional kesehatan sebelum menggunakan suplemen.
Foto oleh Danilo Alvesd di Unsplash

Ketika diminum: Tokotrienol mungkin aman jika diminum. Tokotrienol telah digunakan dengan aman dalam percobaan dengan dosis hingga 600 miligram setiap hari selama enam bulan. Tokotrienol juga telah digunakan dengan aman dengan dosis 200 miligram setiap hari hingga lima tahun.

Saat dioleskan ke kulit: Kami tidak memiliki informasi yang dapat dipercaya untuk mengetahui apakah tokotrienol aman saat dioleskan ke kulit. Pada beberapa orang, krim tokotrienol dapat menyebabkan gatal ringan.

Tidak ada yang boleh melebihi asupan harian yang direkomendasikan yang dirinci pada paket suplemen. Mereka yang ingin mempertimbangkan untuk menggunakan bahan kimia, mereka yang alergi (terutama di bidang makanan), mungkin ingin memulai dengan suplemen dosis rendah. Ingat bahwa US Food and Drug Administration tidak memantau suplemen, jadi berhati-hatilah pembeli.

Tokotrienol memiliki sifat antikoagulan. Mereka yang memiliki kelainan darah tertentu harus menghindari meminumnya.
Saya mengambil

Dokter terbaik memberikan obat paling sedikit. — Ben Franklin

Tokotrienol tampaknya menjanjikan, setidaknya jika kita melihat data laboratorium. Namun, saya kecewa dengan kurangnya banyak penelitian pada manusia. Tidak ada bukti yang baik dan konsisten untuk mendukung penggunaan bahan kimia untuk kanker, penyakit jantung, penuaan, demensia, atau kondisi lainnya.

Swab Test Jakarta yang nyaman