Penggunaan internet sehari-hari, seperti belanja online sudah lazim. Gambaran ini menjadi semakin umum karena orang memilih untuk berbelanja online daripada pergi ke toko obat lokal. Internet adalah tambang emas bagi orang yang ingin membeli obat resep atau item perawatan kesehatan lainnya. Aman untuk mengatakan bahwa banyak dari bisnis ini sah dan dapat dipercaya. Seperti metode peresepan obat yang lebih tradisional, mereka mengikuti tindakan pencegahan dan keamanan yang sama. Pelanggan umumnya dapat mengandalkan layanan ini dengan tingkat kepercayaan yang sama dengan apotek lokal mereka. Pilihan lainnya adalah apotek kecil yang dijalankan oleh anggota keluarga atau teman, yang telah disiapkan untuk melayani pelanggan secara online.

Bagi mereka yang tidak dapat pergi ke apotek atau yang tinggal terlalu jauh, memesan atau melakukan tebus resep dokter online dapat memberikan kemudahan, ketersediaan obat yang lebih luas, dan kesempatan untuk membandingkan harga dan obat dari berbagai apotek online yang tidak tersedia di apotek setempat. Ada banyak keuntungan menggunakan apotek internet, termasuk kenyamanan yang lebih besar dan akses ke rangkaian produk yang lebih luas, akses yang lebih sederhana ke informasi produk yang tertulis pada website, dan referensi ke sumber selain yang akan Anda temukan di apotek etalase tradisional. Anda mungkin juga mendapatkan kesempatan untuk memesan produk dan berbicara dengan apoteker dari rumah Anda sendiri dengan apotek online.

Internet juga dikatakan dapat menghemat uang konsumen ketika mereka membeli obat secara online. Ini benar dalam beberapa keadaan. Walaupun banyak situs web yang menurut BPOM ilegal tersedia bagi konsumen yang berbelanja barang kesehatan secara online. Mulai dari obat keras, rambut rontok, atau penurunan berat badan, yang sebenarnya tidak boleh dijual karena tidak mendapatkan izin BPOM. Lainnya, obat yang berbasis di luar negeri yang ilegal, obat jenis ini mudah didapatkan dengan biaya lebih rendah. Ada kemungkinan bahwa obat-obatan yang diperoleh secara ilegal atau dari sumber luar negeri ini mungkin berbeda dari obat yang diizinkan disini. Atau mungkin juga ada obat yang dijual di apotek online sudah lewat tanggal expired.

Beginilah cara sebagian besar apotek online yang resmi beroperasi. Pelanggan mendaftar ke apotek, memberikan nama, alamat, dan informasi penyedia asuransi kepada apotek. Apotek online harus dilisensikan oleh negara tempat mereka beroperasi untuk menjual obat resep. Anda harus menyerahkan resep yang valid setelah membuat akun. Resep dapat diperiksa oleh apoteker Anda. Obat dapat dikirimkan melalui pos jika Anda mau. Banyak apotek online menawarkan pengiriman obat secara cepat, misalnya dalam sehari, dengan biaya tambahan. Jika Anda memiliki pertanyaan untuk apoteker, Anda biasanya dapat melakukannya melalui email atau melalui fitur obrolan di apotek online.