Apa Perbedaan MBps, Mbps, KBps, dan Kbps

 

Saat mencari paket internet, modem atau router Wi-Fi, Anda akan sering menjumpai satuan seperti MBps, Mbps, Kbps, dan Kbps. Sebagian besar penyedia juga akan menggunakannya untuk menunjukkan kecepatan unduh dan unggah yang ditawarkan oleh produk mereka. Oleh karena itu, banyak konsumen yang membeli data internet tanpa benar-benar memahami keempat unit tersebut.

Meski hanya perbedaan huruf, MBps, Mbps, KBps, Kbps sebenarnya memiliki perbedaan yang tidak bisa dianggap remeh. Apalagi jika Anda akan menggunakan layanan seperti server atau meningkatkan kecepatan website Anda. Oleh karena itu, pada artikel ini, Anda akan mempelajari tentang karakteristik masing-masing satuan dan perbedaannya.

  1. Sejarah singkat Byte(B) dan bit(b)

Secara garis besar, B dalam MBps dan KBps adalah singkatan dari Byte, sedangkan b dalam Mbps dan Kbps adalah singkatan dari Bit. Jadi, apa yang membuatnya berbeda?

Munculnya byte dan bit yang terkait dengan kartu punch (kartu punch) berdasarkan teknologi prosesor 8-bit. Teknologi kartu punch yang dirilis terakhir mampu menangani 64 karakter, masing-masing dikodekan sebagai kombinasi 8 lubang. Sebagai pembuat mesin kartu punch, IBM menyebutnya sebagai array 8 lubang, yang bytenya setara dengan oktet.

Ketika kartu punch berkembang menjadi prosesor, teknologi yang digunakan mampu bekerja dalam kombinasi biner 8-bit. Kemudian mengadopsi istilah byte yang memperkuat istilah tersebut. Jadi meski prosesor bisa bekerja hingga 16 bit, istilah yang digunakan tetap 2 byte. Dengan kata lain, 8 bit/bit setara dengan 1 byte (B besar untuk membedakannya dari bit).

  1. Memahami MBps dan Mbps

Diambil dari sumber fauxsaics.com, Satuan MBps (megabyte per second) dan Mbps (megabits per second) menjadi lebih umum karena sebagian besar provider telah mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan koneksi internet dari satuan KBps dan Kbps.

Namun, MBps dan Mbps masih bukan hal yang sama. Satuan MBps biasa digunakan pada perangkat elektronik seperti smartphone, komputer, laptop, dan modem. Ini juga akan memungkinkan setiap perangkat untuk menerima kecepatan, tergantung pada kualitas dan kualitas paket internet yang digunakan oleh penyedia.

Meski begitu, masih terdapat perbedaan satuan yang digunakan untuk membedakan antara perangkat dan layanan internet provider. Pertobatan juga tampaknya mengatasi kesalahpahaman. Jadi jangan panik jika Anda menemukan bahwa perangkat di jaringan Anda tidak memiliki kecepatan yang sama, terutama jika layanan penyedia terkadang tidak dapat diprediksi.

Penyedia kemudian dapat menggunakan terminologi yang tidak tepat dan menyebabkan kesalahpahaman konsumen. Misalnya, kata up to sebenarnya berarti kecepatan internet hanya akan mencapai angka yang tertera, tidak melebihinya. Jadi Anda tidak perlu kaget atau tertipu saat mengetahui bahwa Anda mengakses internet dengan kecepatan yang lebih rendah dari angka teratas.

  1. Memahami KBps dan Kbps

Jika MBps dan Mbps lebih umum pada perangkat elektronik, maka Anda akan sering menjumpai KBps (KiloByte per second) dan Kbps (Kilobit per second) saat mengunjungi protokol website. KBps umumnya digunakan dalam protokol seperti http, ftp, dan smtp. Pada saat yang sama, Kbps digunakan untuk protokol di bawah lapisan 2, seperti Ethernet, yang biasanya mentransmisikan data dalam satuan frame.

Misalnya, modem menyertakan perangkat yang menggunakan protokol di Layer 2 dan di bawahnya, seperti Ethernet. Oleh karena itu, kecepatan jaringan yang ditampilkan oleh perangkat dalam satuan Kbps, misalnya 54,6 kb/s. Situasinya berbeda ketika Anda mengunduh file melalui browser atau browser di laptop atau PC, karena produk ini menggunakan protokol http atau ftp. Oleh karena itu, ketika Anda mengunduh file, itu ditampilkan dalam KBps, seperti 3 KB/s.

  1. Mengapa 1 MB sama dengan 1024 KB, bukan 1000 KiB?

Singkatnya, jika (1 Mb = 1024 Kb) itu karena mengikuti standar IEC yang menggunakan komputasi biner. Juga, jika (1 Mb = 1000 Kib) standar SI menggunakan perhitungan desimal diikuti.

Unit standar IEC sekarang sering digunakan untuk komputer dan Internet.

Mengapa IEC menggunakan notasi KiB, tetapi mengapa begitu banyak orang menggunakan KB? Perlu Anda ketahui bahwa KibiByte adalah singkatan dari Kilo Binary Byte, jadi sebenarnya kurang lebih sama, namun tidak sama dengan nomor yang digunakan.

Alasan notasi KB masih digunakan adalah karena standar SI sudah ada lebih lama dari IEC dan orang sudah terbiasa.

Juga, menurut Wikipedia, perhitungan bahwa 1 MB sama dengan 1000 KB salah karena perhitungan komputer berbeda dari matematika kehidupan nyata. Sama seperti dalam kehidupan nyata 1 kilometer = 1000 meter, dalam komputasi komputer, 1 KB sama dengan 1024 byte karena menggunakan bilangan biner.