Tips Membeli iPhone Bekas yang Mulus dan Berkualitas

Tehnologi memanglah tidak ada matinya. Sesudah melaunching iPhone XR dan seri iPhone XS, Apple mengeluarkan seri iPhone 11 pada 20 September 2019 tempo hari. Kedatangan seri iPhone 11 membuat beberapa fans fanatik langsung lakukan up-grade dan jual iPhone lawasnya.

Meluncurnya seri iPhone terkini itu jadi udara segar untuk pemburu iPhone sisa. Selainnya harga tambah murah, dengan iPhone walaupun sisa, prestise masih tetap naik. Tetapi janganlah sampai salah membeli ya, ada panduan beli iPhone sisa supaya niat berpenampilan dengan iPhone berbuah musibah.

Tips Membeli iPhone Bekas yang Mulus dan Berkualitas

Mentang-mentang ngebet punyai iPhone, lalu justru emosi, dan kamu pada akhirnya terjerat membeli iPhone superlawas. Bila kamu memang ingin memakai iPhone sebagai handphone khusus dan dalam periode waktu yang lama, seharusnya membeli seri iPhone 6 ke atas.

“iPhone 6 masih oke untuk digunakan. Camera dan spesifikasi yang lain bisa berkompetisi sampai 2 – tiga tahun kedepan,” kata Decky, salah satunya pelapak iPhone sisa di Bukalapak.com.

Untuk iPhone 6 dengan ruangan penyimpanan 16 GB, harga second-nya sekitar Rp3 juta-an. Sementara, versus 32 GB sekitar Rp4 juta-an. Harga ini, bergantung keadaan iPhone itu. Dan iPhone 6 32 GB yang mempunyai garansi sah dipasarkan sekitaran Rp4.99 juta, atau untuk harga yang lain, kamu dapat check di sini.

Sebagai calon pengguna iPhone, kamu harus tahu apakah beda iPhone SU dan FU. iPhone FU (faktory unlock) ialah tipe iPhone yang tidak digembok oleh pabrik pembikin iPhone hingga iPhone ini bisa dipakai untuk semuanya kartu SIM di penjuru dunia . Maka, kamu dapat ganti-ganti service operator. “Mencari iPhone yang FU,” kata Decky merekomendasikan.

Dan iPhone SU (software unlock) ialah tipe iPhone yang telah di-unlock memakai software . Maka iPhone ini awalnya ialah tipe iPhone yang di-lock oleh pabrik untuk memakai satu kartu saja. Proses unlock dapat dilaksanakan dengan di-jailbreak dan umumnya tidak 100% semua peranan akan jalan normal. Jika ingin semakin aman, jauhi iPhone yang tipe ini.

Bila kamu punya niat membeli online lewat e commerce, seperti Bukalapak, cari iPhone yang memiliki garansi sah. Umumnya memang harga tambah mahal, tetapi mengapa tidak jika kwalitasnya lebih terjaga. “Untuk mendapatkan iPhone sisa yang berkualitas, memang haruslah sabar dalam cari dan tidak perlu keburu,” kata Decky.

Harus kamu kenali jika tidak ada istilah garansi internasional untuk iPhone, yang betul ialah garansi regional. Maknanya, pemakai iPhone cuman dapat claim garansi di negara iPhone itu dikeluarkan. Untuk ketahuinya, kamu dapat saksikan di dus belakang kiri bawah.

Contoh code negara untuk iPhone:

MY/A: Malaysia

LL/A: Amerika

X/A: Australia

ZP/A: Singapore, Hongkong

PA/A: Indonesia

Sesudah browsing, bisa barang bagus, janganlah lupa baca deskripsi produk yang penjual catat, dan tanya jika ada yang kurang terang berkaitan kelengkapan piranti. Yakinkan lengkap dan masih orisinal. Jika semua info yang diberi cukup, saat sebelum setuju minta nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) iPhone itu. Nomor IMEI ini berada di menu Seting > General > About.

Coba periksa nomor IMEI di situs Apple untuk ketahui waktu produksi dan tersisa periode garansi iPhone itu, menjadi pelapak tidak dapat berbohong.

Diterangkan awalnya jika iPhone tidak dipasarkan dengan garansi internasional. Ada beberapa pelapak iPhone akui garansi internasional dan rupanya barang yang mereka jual ialah barang refurbished atau perbaikan dari iPhone yang telah hancur. “Harga memang tambah murah, tetapi tidak ada agunan akan tahan lama. Ada-ada saja permasalahan yang akan dijumpai, dimulai dari signal lenyap sampai jangan up-date ke versus iOS yang terkini,” kata Decky.

“Ini kedengar konyol, tetapi benar-benar ada,” kata Decky. Janganlah sampai ingin membeli iPhone 7 second, tetapi yang kamu peroleh iPhone 6 atau iPhone 6s. Bentuknya memang hampir serupa, tetapi masih tetap ada beberapa ketidaksamaan yang perlu kamu kenali. Seperti wujud camera dan lenyapnya jack audio 3.5mm pada iPhone 7. Saat sebelum bergerak ketemu, sebaiknya kamu kenali ketidaksamaan beberapa jenis iPhone dengan detil.

Untuk pastikan keadaan fisik, seharusnya kamu minta transaksi bisnis dengan COD (kontan on delivery). “Jika COD, kamu dapat betul-betul check semua keadaan iPhone-nya. Lebih senang,” kata Ronny yang barusan beli iPhone 6 sisa. Saat lakukan transaksi bisnis dengan mekanisme COD, upayakan mencari lokasi yang nyaman dan tak perlu cepat-cepat.

1. Masukan kartu SIM, check jaringan mobile dan internet

2. Check tombol Home dan responsivitasnya, yakinkan masih empuk dan berjalan dengan baik tanpa yang aneh. Elemen ini salah satunya kekurangan iPhone sisa.

3. Check tombol power dan yakinkan masih normal saat didesak.

4. Yakinkan headset, meskipun belum pasti kamu gunakan tetapi yakinkan headset masih asli dan taruh secara baik untuk jaga harga.

5. Check jack audio dan yakinkan tidak tersendat-sendat.

6. Tes speaker dan headset, yakinkan suara yang dikeluarkan normal dan tidak pecah. Bila pecah, bisa saja sudah terserang air atau kerendam.

7. Check pengisi daya dan kabel USB, yakinkan berperan dan tidak kendur.

8. Paling akhir, yakinkan keadaan bodi iPhone masih mulus.

“Bukan hanya yang kelihatan, yakinkan featurenya ,” kata Ronny . Maka yakinkan saat kamu beli iPhone sisa tidak ada kerusakan benar-benar, berikut beberapa hal yang perlu kamu yakinkan.

Check responsivitas monitor keseluruhannya, yakinkan peranan monitor sentuh semua jalan. Di atas bawah, kiri kanan sampai beberapa sudut monitor. Coba juga sensor perputarannya (accelerometer), apa berjalan baik.

Check ambient light sensor. Sensor ini akan menurunkan cahaya layar iPhone saat ada di kegelapan. Langkah memeriksanya, tutup sisi 1/3 monitor atas dengan tangan atau alat tolong lain. Selanjutnya pencet tombol sleep dan nyalakan kembali dengan memencet tombol sleep (dengan kondisi 1/3 monitor masih ditutup). Semestinya monitor semakin lebih redup dari mulanya.

Check sambungan, baik itu jaringan mobile, WiFi, Bluetooth, dan GPS.

Check camera, kamu coba otak-atik cameranya dan mengambil photo dengan flash atau tanpa flash dan saksikan hasilnya. Kamu bisa coba selfie juga.

Paling akhir, check kesehatan battery, triknya membuka menu Seting > General > Usage > Baterai Usage.

Saat kamu beli iPhone, wajib buat pahami iCloud dan reset pada tempat. Untuk memeriksa iCloud masih aktif atau mungkin tidak, kamu dapat check lewat Seting > iCloud dan yakinkan telah kosong. Bila masih tetap ada, tanya langsung dan meminta selekasnya keluarkan iCloud-nya berikut feature Find My iPhone. Feature ini memungkinkan iPhone bisa dikontrol dari jauh . Maka, minta matikan Find My iPhone dan hapus account.

Perlu kamu ingat, iPhone akan minta sandi iCloud setiap kegiatan penting, misalnya memasang program . Maka langsung reset pada tempat, masuk ke Seting > iCloud > Find My iPhone dan matikan (akan minta sandi iCloud). Selanjutnya kerjakan Erase All Konten and Seting di Seting > General > Reset > Erase All Konten and Seting.

Dan, selamat mempunyai iPhone!

Baca Juga: Karakter anime ter cool
Baca Selengkapnya di Kartunisia