Sebagai ibu kota Jawa Timur sekaligus kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya menawarkan beragam destinasi wisata untuk dikunjungi. Beberapa situs peninggalan bisa ditemukan dengan mudah di Surabaya.

Selain itu, banyak juga kawasan liburan yang dibangun khusus sebagai destinasi wisata keluarga yang tentunya memiliki nuansa religi.

Ingin tau usaha franchise apa yang sedang trend saat ini? Kalian bisa mengetahuinya pada tautan tersebut.

Selain berziarah ke makam tokoh agama, wisatawan yang berkunjung ke kota Surabaya juga bisa menimba ilmu tentang sejarah penyebaran agama di daerah tersebut. Berikut beberapa destinasi wisata religi di Surabaya

1. Masjid Nasional Al Akbar

Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS) atau yang lebih dikenal dengan Masjid Agung merupakan salah satu tempat wisata religi terbaik di Surabaya.

Masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal di Jakarta ini terletak di kawasan Kebonsari, Surabaya Selatan. MAS dibangun di atas lahan seluas 11,2 hektar dengan kapasitas 36 ribu jamaah.

Keunikan masjid ini ada pada gaya ukiran dan kaligrafi. Kubahnya berwarna biru, dikelilingi 4 kubah kecil lainnya, serta menara setinggi 99 meter. Masjid Al-Akbar dibangun pada tanggal 4 Agustus 1995 dan diresmikan pada tanggal 10 November 2000.

2. Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel terletak sekitar 500 meter dari kawasan Jembatan Merah, Surabaya, Jawa Timur. Sunan Ampel, panggilan akrab Raden Rahmat, merupakan satu dari sembilan wali yang berjasa dalam penyebaran Islam di Surabaya.

Sunan Ampel diperkirakan meninggal pada 1481 di Demak dan dimakamkan di sebelah barat masjid Ampel, Surabaya. Setiap hari, tak sedikit jamaah yang datang dan berdoa di makam Sunan Ampel yang berada di sebelah barat Masjid Agung Sunan Ampel.

3. Pagoda Tian Ti

Pagoda Tian Ti adalah tiruan dari Kuil Surga yang terkenal di Beijing, Cina. Pagoda Tian Ti terdiri dari tiga lantai dengan arsitektur khas Tionghoa.

Namun pagoda ini tidak digunakan untuk beribadah. Oleh karena itu Pagoda Tian Ti hanya berfungsi sebagai tempat wisata misalnya sekedar untuk selfie.

4. Gereja Katolik Santa Maria

Gereja Katolik kelahiran Santa Maria ini memiliki arsitektur bangunan yang membuat pengunjung serasa berada di luar negeri.

Tidak hanya arsitekturnya, interior Gereja Katolik Santa Maria Birth juga indah. Gereja tua ini bisa ditemukan di Jalan Kepanjen, Surabaya. Tepat di samping gedung Sekolah Menengah Katolik Frateran Surabaya.

5. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho bisa disebut sebagai bangunan bersejarah yang unik. Pasalnya, bangunan masjid ini mirip dengan kelenteng yang sama etnis Tionghoa dan didominasi warna merah, hijau, dan kuning.

Berani dengan nuansa Tionghoa, masjid Cheng Ho mencerminkan keragaman Islam. Di bagian belakang masjid terdapat miniatur kapal yang menggambarkan perjuangan Laksamana Cheng Ho dan anak buahnya.

6. Taman Kenjeran Surabaya

Tempat wisata Kenjeran Park Surabaya dulunya hanya patung Dewi Kwan Im bersama dua naga api dan air. Sekarang, patung-patung itu dipoles seperti baru.

Taman Kenjeran Surabaya terletak di Jalan Sukolilo Nomor 100, di kawasan Pantai Ria Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur. Wisata ala China ini cukup digemari oleh wisatawan yang menganggapnya sebagai tempat yang cerah dan strategis untuk selfie.

7. Empat Jenis Patung Buddha

Selain Bangkok, Thailand, Patung Buddha 4 Wajah juga dibangun di kawasan Pantai Ria Kenjeran, sekitar 8 km dari pusat Kota Surabaya. Wisata religi yang dibangun pada tahun 2003 diresmikan pada tahun 2004.

Patung Budha 4 tampilannya kerap menjadi alternatif tujuan wisata bagi mereka yang ingin menikmati semilir angin laut sembari menikmati suasana tenang. Mengenai struktur bangunannya, kompleks Patung Budha 4 Muka ini dibangun di atas lebar ?? 1,5 hektar dengan luas bangunan 9×9 meter.