6 tips menanam sukulen succulent yang indah – Jika Anda baru saja membeli sukulen, kemungkinan besar Anda melakukan pembelian dengan berpikir bahwa akan mudah untuk tetap hidup. Mungkin ini mulai terlihat sedikit menyedihkan atau tidak tumbuh seperti yang Anda harapkan. Sebagai seorang amatir yang lezat, saya pasti telah membunuh tanaman dan succulents saya. Namun, saya perlahan-lahan mempelajari apa yang diperlukan untuk menjaga tanaman yang rumit ini tetap hidup!

Gunakan 6 tips menanam sukulen succulent yang indah!

1. Siram dengan hati-hati.

Cara termudah untuk membunuh sukulen adalah dengan menyiram terlalu banyak. Succulents adalah tanaman tahan kekeringan dan dapat tumbuh subur tanpa penyiraman secara teratur. Mereka hanya membutuhkan air setiap dua minggu sekali hingga sebulan sekali. Pastikan tanah benar-benar kering sebelum disiram kembali. Beberapa succulents saya tidak memiliki air selama hampir dua bulan dan dalam keadaan baik-baik saja!

Mungkin Anda berpikir, “Apa tanda-tanda over atau under-watering?”

Ada beberapa tanda yang harus diperhatikan jika tanaman Anda tidak menerima cukup air. Tanah akan benar-benar kering dan daun-daun di sukulen (terutama di dekat pangkal tanaman) akan mulai mengerut. Ini berarti tanaman kekurangan air dan melakukan rehidrasi dengan air yang tersimpan di daunnya. Air secukupnya dan kerutan akan sembuh sendiri dalam waktu sekitar satu hari!

Baca juga : Cranberry, Sibuah merah kaya manfaat

Daun di bagian bawah sukulen mulai keriput.

Menyiram berlebihan:

Sayangnya, penyiraman yang berlebihan jauh lebih sulit untuk diperbaiki daripada penyiraman yang kurang. Tanda-tandanya cukup jelas: Jika daun di dekat bagian bawah menguning, terasa lembek, dan mudah rontok, berarti succulent Anda terlalu banyak air. Juga, jika batang tanaman Anda menjadi hitam, sayangnya terlambat untuk disimpan.

Jika succulent Anda baru saja kehilangan daun, ada beberapa opsi yang BISA menyimpannya. Biarkan tanah benar-benar mengering dan beri waktu lagi setelah itu sebelum menyiram. Jika Anda sudah melakukannya dan masih kehilangan daun, buang sukulen dari tanah dan kotoran yang menempel di akar. Biarkan sukulen keluar dari tanah selama satu atau dua hari sebelum direpoting di tanah baru.

Baca juga : Manfaat Dari Kandungan Vitamin C Pada Jeruk

Ini akan memungkinkan akar mengering dari kelembapan yang tersangkut di tanah. Setelah berada di tanah baru, jangan menyiram selama seminggu atau lebih. Langkah yang baik adalah menahan penyiraman sampai succulent Anda tidak lagi kehilangan daun atau ketika daun mulai menunjukkan tanda-tanda kurang air.

2. Gunakan meida tanam yang benar

Seperti disebutkan, succulents tidak menyukai terlalu banyak air, jadi tanah tempat mereka berada memainkan faktor besar dalam membuat mereka bahagia. Succulents membutuhkan tanah khusus daripada drainase yang baik; tanah ini harus memiliki partikel besar (seperti perlit atau batu yang dihancurkan) untuk membantu menyerap kelebihan air.

Tanah khusus sukulen dan kaktus mudah ditemukan di pusat berkebun mana pun. Jika succulent Anda tidak terlihat bagus atau tanah tidak pernah mengering, Anda mungkin perlu menggantinya!

3. Pilih pot yang tepat.

Succulent tidak akan menolak pot yang Anda masukkan, tetapi mereka tumbuh lebih baik pada jenis tertentu. Pot terakota membantu menyerap air dan mengeringkan tanah. Namun, itu tidak wajib! Panci apa saja bisa digunakan selama kondisi lain bagus! SANGAT penting untuk memiliki pot yang memiliki lubang drainase. Panci tanpa drainase akan menampung kelebihan air dan kemungkinan besar akan membusuk sukulen Anda.

4. Sinar matahari

Succulents menyukai cahaya! Menempatkannya di ambang jendela yang cerah akan membantu mereka tumbuh dan juga akan membantu mengeringkan tanah di antara penyiraman. Beberapa succulents tumbuh subur dalam cahaya terang sepanjang hari, tetapi yang lain akan terbakar sinar matahari. tips menanam sukulen

Baca juga : Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan.

Betul sekali! Sukulen Anda bisa terbakar jika tidak terbiasa dengan sinar matahari langsung sepanjang hari. Banyak varietas sukulen yang lebih lembut akan baik-baik saja dengan beberapa jam cahaya pagi, karena jauh lebih tidak intens daripada sinar matahari sore. Untuk mencegah sengatan matahari, aklimatisasi secara perlahan untuk mendapatkan lebih banyak cahaya! 

5. Terima apa yang terjadi

Bisa dibilang, succulents bisa sangat rumit untuk dirawat. Jangan biarkan Anda terpengaruh jika mereka mati. Saya telah kehilangan banyak succulents karena kesalahan konyol. Itu terjadi. Anda akan belajar lebih banyak dengan masing-masing!

6. Jangan membuang daun-daun yang berguguran

Apakah succulent Anda kehilangan daun yang terlihat sehat? Jangan dibuang! Succulents ahli dalam menyebarkan dan dapat menumbuhkan tanaman baru dari daun yang tumbang. Beri waktu beberapa hari untuk membiarkan daunnya tidak berperasaan di tempat ia menempel pada tanaman utama.

Baca juga : Tips memperbanyak tanaman hias sukulen

Setelah itu, taruh di atas lapisan tanah dan semprotkan air saat tanah sudah kering. Saya biasanya menyiram tambang setiap 2-3 hari. Anda akan mulai melihat bentuk akar putih atau merah muda panas dan bahkan daun kecil. Dalam beberapa bulan, Anda akan memiliki versi mini dari aslinya!