5 Manfaat Zat Besi untuk Tubuh

Salah satu mineral penting yang membantu untuk memproduksi hemoglobin dan berbagai macam proses pada tubuh manusia adalah Zat besi.

Animia merupakan gangguan kesehatan yang sering di alami orang Indonesia, salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan zat besi pada tubuh, sehingga di dalam tubuh manusia kekurangan sel darah merah. Oleh sebab itu penting sekali untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh.

Ada berbagai manfaat zat besi yang bisa di rasakan oleh tubuh manusia secara langsung, berikut manfaat dari zat besi.

  1. Menjaga dan Meningkatkan Kekebalan Pada Tubuh

Jumlah hemoglobin yang menuju ke sel, jaringan dan orang yang mengalmi kerusakan akan meningkat, hal di peranguhi oleh zat besi. Ini berakibat pada masa penyembuhan akan lebih cepat untuk yang mengalami gangguan kesehatan. Oleh sebab itu Zat besi sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh manusia.

  1. Menjaga dan Meningkatkan Kekuatan pada Otot

Agar otot tetap dalam kondisi prima dan tetap elastis di perlukan asupan zat besi dengan jumlah yang cukup. Hal ini sangat bermanfaat untuk yang suka olahraga, agar otot tidak mengalami luka pada saat berolahraga. Apabila otot mengalami luka, masa masa penyembuhan otot akan jauh lebih cepat.

  1. Menyembuhkan dan Mencegah Anemia

Buat kamu yang mengalami masalah kesehatan seperti anemia atau ingin mencegah terjadinya anemia sangat di anjurkan untuk mengkonsumsu zat besi. Penyebab sesorang mengalami anemia karena jumlah hemoglobin yang terdapat di dalam tubuh rendah, sedangkan zat besi mampu meningkatkan jumlah hemogbloin. Selain mengalami anemia, tubuh yang tidak tercukup zat besi akan mudah lelah, jantung berdebar, sesak napas dan mod akan terasa tidak stabil.

Orang yang mengalami anemia akan memiliki daya ingat yang rendah, karena fungsi kognitif tidak bekerja dengan baik, sementara fungsi kognitif akan bekerja jika kadar zat besi terpenuhi.

  1. Menjaga tetap fokus dan meningkatkan konsentrasi

Pada point ketiga sudah di singgung bahwa orang yang asupan zat besinya rendah akan bermasalah pada fungsi kognitif yang akan berimbas pada daya ingat dan konsentrasi yang rendah.

  1. Menjaga kualitas tidur

Salah satu tanda kualitas tidur yang berkualitas adalah tidur terasa nyenyak. Dan pada umumnya orang yang zat besinya rendah, sering kali tidurnya tidak nyenyak. Apabila hal ini di biarkan secara berlarut bisa berakibat pada hal terburuk yaitu insomnia dan sleep apnea.

Ada berbagai cara untuk memenuhi asupan zat besi, untuk yang lumayan repot bagi orang seperti saya adalah ketika harus mengkonsumsi sayur seperti bayam dan brokoli. Oleh sebab saya pribadi lebih memilih untuk mengkonsumsi suplemen instan berupa susu dll agar zat besi terpenuhi.