4 Cara Klaim Asuransi Kesehatan Tidak Ditolak

4 Cara Klaim Asuransi Kesehatan Tidak Ditolak

“Sudah bayar premi mahal – mahal, eh saat ingin klaim pihak asuransi tidak bisa mengganti karena berbagai alasan,” demikian keluhan para pemegang polis yang klaimnya gagal.

Ternyata, klaim ditolak karena memang pengajuan dan dokumen gak sesuai dengan persyaratan dalam polis. Bisa jadi, banyak peserta asuransi yang tidak membaca polis dengan baik.

Nah, untuk menghindari hal itu, pakai cara ini supaya asuransi gak ditolak!

1. Masa Tunggu Klaim Asuransi Kesehatan

Dalam klaim asuransi, selama dalam masa tunggu (grace period), tertanggung gak diperkenankan mengajukan klaim. Misalnya, polis disetujui 1 Mei 2015. Dengan masa tunggu 30 hari, klaim Anda baru bisa diterima setelah 30 hari dari tanggal 1 Mei tersebut, yaitu mulai tanggal 31 Mei 2015. Sebelum tanggal 31, pengajuanmu akan ditolak. Sehingga, pahami berapa lama masa tunggu asuransi kesehatan ya.

2. Bukan Penyakit yang Tidak Diganti di Tahun Pertama

Ada penyakit – penyakit yang masa tunggunya lebih lama lho, yaitu 12 bulan. Jika klaimnya sebelum 1 tahun sejak polis disetujui, klaim Anda akan ditolak. Mengenal jenis penyakit yang ditanggung sebuah asuransi itu penting.

3. Bukan Pre – Existing Condition

Pre-existing condition adalah ketentuan asuransi kesehatan yang menyebutkan peserta menderita penyakit yang telah ada sebelumnya.

4. Memenuhi Syarat Rawat Inap

Pengajuan harus memenuhi syarat rawat inap. Pertama, rumah sakit dan klinik sesuai dengan pihak asuransi. Pastikan Anda membaca dan memenuhinya ketika rawat inap. 

Kedua, ketentuan rawat inap. Ada asuransi yang mensyaratkan minimum 2 hari rawat inap baru bisa klaim. Tetapi, ada asuransi lain yang mensyaratkan 1 hari rawat inap sudah bisa klaim. Ketentuan ini harus Anda pastikan di dalam polis.

Kesimpulan

Anda harus pahami ketentuan dalam polis asuransi karena itu adalah dasar pembayaran klaim. Ada 4 hal yang Anda harus pastikan supaya klaim biaya kesehatan tertanggung dibayar perusahaan asuransi. Semoga membantu!