12 Cara Mengatur Taman Yang Mudah Perawatannya

Sedemikian Itu mendengar kata “taman” , mayoritas orang akan langsung terkira sungguh susah merawatnya. Jawaban paling lazim yaitu “Ingin sih punya taman, namun repot lah !”

Memang tiap perihal termasuk taman jelas membutuhkan pemeliharaan. Akan Tetapi, kerepotan memelihara taman bisa diminimalisir dengan cara-cara yang dapat diperoleh dari tulisan ini.

1. Bikinlah ruang luar yang fungsional
Zona duduk di taman dapat jadi perluasan ruang fungsional dengan kecantikan alam serta kehangatan cahaya matahari. Tak Hanya itu, kehadiran area duduk akan menurunkan wilayah penanaman yang harus dirawat.

Penggunaan papan kayu dimaksudkan buat mengendalikan kelembaban tanah di bawahnya supaya tumbuhan dapat tumbuh dengan bagus. Batu di sekitar batang tumbuhan juga memudahkan pengisapan air.

2. Kurangi atau terlebih tiadakan penanaman rumput
Mungkin Kamu akan berpendapat, “Ah, hanya rumput. Tanaman kecil saja. Seberapa sulitnya sih merawatnya?” Nyatanya menjaga rumput memerlukan cukup banyak durasi serta energi buat memupuk, memotong, menyiang, terlebih mengurus lubang semut yang dilindunginya. Jadi, kurangi ataupun justru tiadakan penanaman rumput.

Sedikit zona rerumputan yang didiamkan tumbuh liar akan menjaga kealamian taman. Manfaatkan batu bundar yang diletakkan di bawah pepohonan sebagai rute jalur sekalian menurunkan kotornya percikan tanah ketika hujan.

Walau tanpa rerumputan, opsi tanaman tropis dengan beragam warna hijau dapat mengimbangi penggunaan batu serta bebatuan, dan memperlihatkan taman cantik yang asri.

3. Kurangi luas taman
Taman yang bagus diarahkan buat memberikan kenyamanan serta keindahan. Tidak harus taman yang luas buat menciptakan rancangan ini.
Lihat saja, taman kecil ini. Luasnya yang cuma 2 m2 telah sanggup menjadi daya tarik serta memberikan keasrian.

4. Pilih tumbuhan yang gampang perawatannya
Dari sedemikian itu banyak tipe tanaman, terdapat tanaman yang tidak membutuhkan perawatan spesial. Tanyakan pada pedagang tanaman mengenai tipe tanaman yang tidak mesti terlalu banyak disiram, pun yang umurnya panjang.

Kamboja Jepang, suplir, dan cemara dapat jadi opsi tumbuhan yang tidak betul-betul memberatkan. Tipe tanaman ini tidak butuh disiram terlalu sering serta sesuai untuk suasana tropis.

5. Ganti tanaman bunga dengan perdu/belukar
Tanaman bunga memang menarik, akan tetapi sungguh susah perawatannya. Tumbuhan bunga harus selalu disiram dan kotoran rontokan bunga juga menyusahkan. Banyak jenis tumbuhan perdu/belukar berbagai warna yang dapat memberikan kecantikan.

Tumbuhan teh-tehan serta lili paris (Chlorophytum comosum var vittatum) mempunyai warna berlainan yang cukup cantik sebagai pemanis taman.

6. Bentuk taman modern yang minimalis
Taman minimalis menggunakan tipe tanaman yang kuat cuaca dan iklim alhasil gampang perawatannya. Memang kategori tanaman yang ditampilkan cuma sedikit, akan tetapi kombinasi dengan bebatuan dan kayu akan membuat taman minimalis enak dipandang.

Rumput, sansiviera merah, serta spider plant telah cukup jadi dasar cantik yang mengimbangi satu batang pohon kamboja jepang. Tanggapan modern minimalis diperkuat dengan batu kali serta bambu penopang pohon.

7. Diamkan sebagian wilayah ditumbuhi tanaman liar
Cara ini cukup membutuhkan pengaturan lokasi tumbuhan liar. Buat perawatannya, biarkan alam yang merawatnya. Alokasikan wilayah supaya daun yang berjatuhan bisa jadi humus.

Liar, menawan, sedikit perawatan, dan menarik perhatian burung serta kepik, keseluruhan elemennya sanggup bercampur dengan rancangan modern dan minimalis.

8. Campurkan elemen air pada taman
Elemen air dibutuhkan buat memudahkan pembentukan persepsi natural dalam taman. Coba bayangkan suara gemericik air yang menyegarkan. Akan Tetapi, kolam yang besar akan mengonsumsi waktu dan tenaga dalam perawatannya.

Jadi, pilihlah rancangan kolam kecil simpel yang gampang dibersihkan. Percantik dengan penerangan yang terstruktur baik buat memfokuskan kecantikan air mancur di kolam.

9. Manfaatkan belukar berbunga
Buat menciptakan taman cantik berhiaskan bunga beragam warna, pilihlah tipe belukar berbunga yang bunganya kuat lama, kayak lavender (Lavandula angustifolia).

Tak Hanya lavender, bunga air mancur merah (Russelia equisetiformis) pula jadi alternatif semak yang bunganya tahan lama. Tidak cuma memperlihatkan bunga terompet kecil bercorak merah terang, Russelia juga memfilter udara di sekelilingnya.

10. Bereskan perkakas bercocok tanam
Mencari sekop yang lenyap, sering-kali lebih menjengkelkan ketimbang memotong rumput di taman. Jadi, alokasikan perkakas berkebun di tempat penyimpanan yang gampang dijangkau.

Letakkan seluruh perlengkapan, mulai dari sekop, garu, sapu lidi, pacul, hingga pot dan benih bunga di area yang sama atau berdampingan. Pengaturan ini akan mengirit waktu dan energi.

11. Alokasikan tempat buat bersantai
Tujuan pokok ketika membuat taman yaitu buat menikmati keindahannya. Untuk itu, sediakanlah tempat duduk yang teduh sebagai area relaksasi

12. Batasi tipe tanaman
Berlebihan banyak tipe tanaman akan menyusahkan perawatannya sebab tiap-tiap jenis membutuhkan perawatan yang berlainan. Jadi, batasi tipenya. Setidaknya banyak 10 kategori saja.

Sebelum merancang taman, pikirkan waktu yang dapat Kamu sediakan untuk merawatnya. Cocokkan dengan besar taman, tipe tanaman, dan rancangan yang diinginkan. Keasrian dan kecantikan dengan sedikit waktu dan energi akan Anda peroleh. Sadarilah jasa taman jakarta yang asri itu mengasyikkan, dan akan tambah menggembirakan apabila kebun yang ada gampang dirawat. Astaga… Lengkaplah sudah!