10 SUNGAI TERPANJANG DI DUNIA INI

Seiring dengan menjadi menakjubkan dan indah, sungai berfungsi sebagai bagian penting dari ekosistem lokal mereka. Perairan mereka menyediakan hidrasi dan rumah bagi berbagai makhluk hidup, dan mereka menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk manusia juga. Dengan demikian, sungai telah membentuk peradaban manusia sejak awal waktu dan tetap menjadi landmark penting sampai hari ini!. Jadi, berapa lama beberapa sungai terbesar di dunia bisa mendapatkan? Hari ini, kita akan belajar tentang 10 sungai terpanjang di dunia dan memberi peringkat sesuai dengan berapa kilometer panjangnya antara asal dan delta. Kami juga akan mempelajari beberapa fakta menyenangkan tentang masing-masing!

Sungai Amur

Panjang:2.824 km
Benua: Eropa dan Asia
Spesies Satwa Liar Lokal: Kaluga
Lokasi Outflow:Laut Okhotsk

Sungai Shilka dan Sungai Argun bergabung bersama untuk membentuk Sungai Amur yang megah yang berkelok-kelok ke arah timur dan kemudian masuk ke Selat Tatar. Sungai Sungari dan Ussuri berfungsi sebagai anak sungai utamanya, dan merupakan sungai unda terbesar ketiga di dunia. Banyak orang di Timur Jauh Rusia menggunakan Sungai Amur sebagai rute perdagangan dan pengiriman utama. Tahukah anda?. Sungai Amur juga disebut Heilung Jiang, yang diterjemahkan menjadi “Sungai Naga Hitam”.

Baca Juga : PENTINGNYA MEMILIKI SKILL DALAM DUNIA KERJA

Kongo

Panjang:4.700 km
Benua:Afrika
Spesies Satwa Liar Lokal: Gajah Hutan Afrika
Lokasi Aliran Keluar:Samudra Atlantik

Selain menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia, Sungai Kongo juga yang terdalam di atas 230 meter! Dulu disebut Sungai Zaire ketika bekas Republik Zaire diperintah oleh Mobutu Sese Seko, dan memiliki sejumlah besar sungai anak sungai yang memakannya. Kongo adalah sungai terbesar kedua di benua Afrika, dan terbesar kedua di dunia dalam hal volume debit. Tahukah anda?. Kongo terdiri dari jaringan saluran air terbesar di Afrika.

Río de la Plata

Panjang:4.880 km
Benua:Amerika Selatan
Spesies Satwa Liar Lokal: Lumba-Lumba La Plata
Lokasi Outflow:Río de la Plata

Río de la Plata tidak biasa karena agak ambigu dalam hal klasifikasi. Tergantung pada kriteria seperti apa yang Anda gunakan, itu dapat dianggap sebagai sungai, teluk, muara, atau bahkan laut marjinal. Berdasarkan lokasinya, jelas berfungsi sebagai muara sungai Paraná, Paraguay, dan Uruguay. Río de la Plata juga merupakan salah satu sungai terluas di dunia! Tahukah anda?. Lumba-lumba La Plata adalah satu-satunya jenis lumba-lumba sungai yang hidup di laut asin atau perairan muara.

Baca Juga : ATTITUDE DALAM KERJA UNTUK DUNIA KERJA

Sungai Ob

Panjang:5.410 km
Benua: Eropa dan Asia
Spesies Satwa Liar Lokal: Wolverine
Lokasi Outflow : Teluk Ob

Sungai Biya dan Katun berasal dari Pegunungan Altai dan mengalir bersama untuk membentuk Sungai Ob. Sungai Ob adalah salah satu dari tiga sungai besar Siberia, yang semuanya mengalir ke Samudra Arktik, dan juga muara terpanjang di dunia. Sungai ini juga menjadi sumber peluang ekonomi meski dikelilingi di banyak daerah oleh tanah tandus. Tahukah anda?. Sungai Ob adalah rumah bagi lebih dari 50 spesies ikan dan merupakan sumber utama pembangkit listrik tenaga air.

Sungai Kuning (Huang He)

Panjang:5.464 km
Benua:Asia
Spesies Satwa Liar Lokal: Rusa Sika
Lokasi Aliran Keluar:Laut Bohai

Sungai Kuning yang terkenal di dunia berasal dari Pegunungan Bayan Har dan mengalir melalui sembilan provinsi, menjadikannya sungai terpanjang kedua di Cina. Sungai ini telah disebut sebagai tempat lahir peradaban Cina, dan mengalir oleh beberapa kota tertua di China. Sungai berutang warna dan namanya ke sedimen loamy, loess halus yang mewarnai perairannya. Tahukah anda?. Cerita rakyat kuno mengatakan bahwa Sungai Kuning mengalir turun dari langit dan terhubung ke Bima Sakti.

Sungai Yenisei

Panjang:5.539 km
Benua:Eropa
Spesies Satwa Liar Lokal : Sturgeon Sterlet
Lokasi Aliran Keluar : Laut Kara

Sungai Yenisei memiliki banyak anak sungai, dengan Sungai Selenga menyumbang volume air terbesar. 55 spesies ikan asli yang berbeda hidup di Sungai Yenisei, termasuk dua spesies yang sepenuhnya endemik: Gobio sibiricus dan Thymallus nigrescens. Sungai utara ini mengalir melalui Siberia tengah dan memainkan peran penting dalam pengembangan lembaga suku kuno serta infrastruktur ekonomi modern. Tahukah anda?. Kapal uap sungai seperti SS Nikolai pertama kali dibawa melintasi Laut Kara ke Sungai Yenisei pada tahun 1864.

Sungai Mississippi

Panjang:6.275 km
Benua:Amerika Utara
Spesies Satwa Liar Lokal: Berang-berang
Lokasi Outflow : Teluk Meksiko

Mississippi terkenal dengan ekosistemnya yang panjang dan berkembang, dan dipartisi menjadi tiga bagian: Mississippi Atas, Mississippi Tengah, dan Mississippi Bawah. Sungai ini berasal dari Danau Itasca dan dimodifikasi oleh 43 bendungan antara asalnya dan St. Louis, Missouri. Sungai ini juga menyentuh atau melewati 10 negara bagian yang berbeda di sepanjang jalan. Dibutuhkan sekitar 90 hari untuk setetes air untuk melakukan perjalanan seluruh panjang Mississippi!

Sungai Yangtze

Panjang:6.300 km
Benua:Asia
Spesies Satwa Liar Lokal: Alligator Cina
Lokasi Arus Keluar :  Laut Cina Timur

Yangtze yang cantik adalah sungai terbesar di Cina, dan sungai terpanjang di dunia yang mengalir sepenuhnya dalam satu benua. Ini juga rumah bagi berbagai spesies satwa liar yang menarik, termasuk Alligator Cina. Alligator Cina adalah endemik dan eksklusif untuk Sungai Yangtze, dan sangat mirip dengan Alligator Amerika, tetapi lebih kecil. Yangtze sangat penting bagi rakyat China juga, menghasilkan hampir 20% dari Produk Domestik Bruto China. Bendungan Three Gorges, yang terletak di Yangtze, adalah pembangkit listrik tenaga air terbesar di seluruh dunia.

Sungai Amazon

Panjang:6.650 km
Benua : Amerika Selatan
Spesies Satwa Liar Lokal : Manatee Amazon
Lokasi Aliran Keluar : Samudra Atlantik

Sungai Amazon dikenal dengan lingkungan dan ekosistemnya yang kasar yang penuh dengan satwa liar. Bahkan, banyak spesies fauna dan flora lokal belum diidentifikasi! Dari spesies yang telah diidentifikasi dan diklasifikasikan, 8.000 di antaranya adalah serangga – dan beberapa di antaranya sangat berbahaya, seperti nyamuk yang dapat menularkan Demam Kuning. 2.500 spesies ikan di Amazon juga menyediakan sumber protein penting bagi penduduk setempat.

Sungai Nil

Panjang:6.650 km
Benua:Afrika
Spesies Satwa Liar Lokal: Buaya
Lokasi Aliran Keluar : Laut Mediterania

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia. Ini terkenal di dunia karena panjang dan kepentingan budayanya, meskipun ada tingkat perselisihan yang adil mengenai apakah Sungai Nil atau Sungai Amazon benar-benar lebih lama. Bagaimanapun, Sungai Nil adalah sumber air inti bagi rakyat Mesir dan Sudan, dan hak penggunaan di atas perairannya telah menjadi sumber konflik lokal. Sungai ini dibentuk oleh tiga aliran utama: Nil Biru, Nil Putih, dan Atbara.Arah dan suhu aliran Sungai Nil membingungkan bagi orang Yunani dan Mesir kuno.