Masa sekolah bisa disebut masa terbaik, di mana segala macam pengalaman remaja bisa ditemukan. Kemudian, entah bagaimana setelah lulus sekolah, tentunya Anda juga ingin melanjutkan ke jenjang akademik yang lebih tinggi, sebenarnya nantinya Anda bisa mewujudkan impian Anda menjadi orang sukses.

Temukan psikotes online terbaik hanya di Golife.id

Sebagian besar siswa sekolah menengah sekarang mengalami kesulitan memilih jurusan perguruan tinggi ketika mereka lulus. Walaupun ada sebagian yang masuk perguruan tinggi dengan gelar diluar keterpaksaan, tentunya hal ini dapat menimbulkan rasa terpaksa untuk belajar.

Di universitas-universitas tersebut nantinya Anda bisa menemukan berbagai macam program studi dan jurusan, biasanya setiap mata kuliah terkait dengan jurusan yang akan Anda ambil nantinya. Salah satunya adalah ketika Anda memilih untuk belajar psikologi.

Di jurusan ini tentunya terdapat berbagai macam mata kuliah, mulai dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. Nah, untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan informasi tentang fakta-fakta tentang jurusan psikologi dan beberapa mata kuliah yang sulit di jurusan psikologi.

1. Biopsikologi

Mata kuliah biopsikologi merupakan salah satu mata kuliah yang akan Anda alami saat memasuki jurusan psikologi. Dalam kursus ini, Anda akan diajarkan tentang bagaimana menghadapi proses mental manusia, dan bagaimana proses mental tersebut dapat terjadi di masa depan. Saat mempelajari mata kuliah yang satu ini, tentunya Anda harus membiasakan diri untuk mempelajari istilah-istilah dalam biologi.

Bahkan tidak jarang pelajaran ilmu kedokteran dimasukkan ke dalam ilmu tersebut. Anda tidak hanya belajar, tetapi Anda juga harus dapat mengatasi dengan baik, karena jika Anda tidak dapat mengatasi dengan baik, bagaimana Anda akan memahami manusia.

2. Psikometri

Psikometri juga merupakan salah satu mata kuliah yang akan Anda temui nanti di jurusan psikologi. Dalam mata kuliah ini, Anda harus dapat mempelajari masalah pengukuran psikologis, serta perhitungan statistik yang tampaknya sangat rumit, sehingga Anda diharapkan untuk menguasai matematika terlebih dahulu, baru kemudian menjadi statistik utama. Karena dalam statistik yang merupakan ilmu pasti, jika melakukan kesalahan maka harus memulai dari awal.

3. Metodologi penelitian

Dalam kursus metodologi penelitian, Anda akan diajarkan cara membuat laporan yang perlu dilakukan secara individu. Apalagi jika sudah memasuki lapangan, nantinya semua laporan yang berkaitan dengan ilmu praktis harus Anda olah dan laporkan kembali.

Sekalipun laporan yang Anda tulis tidak logis bagi dosen Anda, dan tidak mengikuti prosedur serta salah dalam menganalisis data, maka penelitian yang Anda lakukan bisa dianggap gagal.

4. Mata kuliah alat- alat tes

Mata kuliah tersulit di jurusan psikologi selanjutnya adalah mata kuliah yang diajarkan tentang mengerjakan berbagai test kit. Salah satunya adalah tes kecerdasan, ramalan, dalam hal ini nantinya Anda harus melakukan berbagai prosedur yang harus dilakukan, dan Anda juga harus profesional dalam hal yang satu ini tentunya. Karena jika Anda bukan seorang profesional yang melakukan atau mengeksekusi, tentu penelitian yang Anda lakukan bisa dianggap gagal.

5. Mata kuliah konstruksi alat ukur psikologi

Mata kuliah yang satu ini mungkin jauh lebih sulit dari mata kuliah yang lain, jadi pada mata kuliah yang satu ini anda bisa menggunakan alat ukur, nantinya anda juga perlu mengetahui kapan harus menggunakan alat yang satu ini.

Menggunakan alat ini tidaklah mudah, ada beberapa prosedur yang perlu diikuti, salah satunya adalah alat ukur untuk mengukur. Namun sebelum belajar, ada baiknya Anda menguasai terlebih dahulu mata pelajaran matematika dan psikometri.

6. Psikologi diagnose

Dalam satu kursus, Anda akan belajar tentang keadaan mental dan psikologis seseorang, cara mereka berperilaku melalui wawancara atau observasi. Yang bisa mempersulit jalannya adalah kita harus bisa memprediksi apa yang ada di hati serta apa yang orang itu rasakan.

7. Mata kuliah kode etik

Mata kuliah yang sulit dalam jurusan psikologi berikutnya adalah kode etik, nantinya akan membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan psikologi, bisa juga berhubungan dengan suatu etika, sehingga dalam hal ini anda memang diwajibkan untuk bisa mengetahui hafalan mengenai beberapa kode atau hal-hal apa saja yang boleh dan juga tidak boleh dilakukan oleh seorang sarjana psikologi.

Jika dalam jurusan kedokteran hampir sama dengan etika kedokteran atau etika dalam jurnalistik. Untuk mata kuliah yang satu ini biasanya ada di awal semester.

8. Psikologi fisiologis

Mata kuliah psikologi fisiologi merupakan salah satu mata kuliah yang diperlukan untuk mempelajari organ tubuh manusia, sama halnya dengan mata kuliah ilmu kedokteran yang juga menuntut hafalan satu per satu fungsi dan manfaat organ-organ tersebut, karena hal ini akan erat kaitannya dengan pengaruh jiwa manusia.

9. Psikologi diagnostik

Dalam kursus ini, Anda perlu memahami keadaan psikologis orang tersebut dengan melakukan wawancara atau diagnosis, karena karakter orang tersebut perlu dipahami dalam hal ini.

10. Psikologi industri dan organisasi

Dalam mata kuliah psikologi industri dan organisasi, Anda akan belajar tentang konsentrasi perusahaan, misalnya bagaimana HRD bekerja, dan apa saja yang berhubungan dengan dunia sumber daya manusia di dunia perkantoran.

Kursus ini cukup rumit karena Anda harus bisa merekrut karyawan, menyelesaikan konflik internal serta fluktuasi motivasi kerja dan hal-hal lain yang terkait dengan dunia kerja.

Dapatkan soal tes psikologi gratis disitus Golife.id

Ya, itulah ulasan 10 mata kuliah sulit jurusan psikologi. Ada sejumlah mata pelajaran lain yang perlu dipelajari, seperti psikologi forensik, psikologi pendidikan dan lain-lain. tetapi jika dilakukan dengan usaha dan ketekunan, itu semua harus dilakukan dengan baik