10 Anime Terbaik yang Pernah Tampil di Layar Kaca Indonesia

Beragam anime sempat hilir mudik di pertelevisian Indonesia. Bahkan juga, sampai sekarang, beberapa watak anime tersebut terkenal dan menempel di daya ingat. Terutamanya angkatan 90-an yang periode kecilnya selalu didampingi beberapa tayangan anime saat pagi saat sebelum pergi sekolah dan sore hari sepulangnya sekolah.

Cukup banyak juga anime yang didatangkan berbentuk film dan disiarkan di tv seperti Doraemon dan Pokemon, misalkan. Bacaterus telah mengulas artikel ini dalam versus animasi.

Jika animasi itu sama dengan kartun style Amerika, kan? Dan anime lebih ke kartun style Jepang. Lantas, apa anime yang sempat menghias monitor kaca TV di Indonesia? Baca daftar anime yang telah Kami mengumpulkan berikut ini.

Berikut Daftar Anime Terbaik Yang pernah Tampil di Layar Kaca Indonesia

Anime yang mempunyai background zaman Meiji di Jepang ini sebagai kreasi dari Nobuhiro Watsuki pada tahun 1994. Anime ini pertama kalinya disiarkan oleh Fuji TV di Jepang, tetapi sukses tembus ke tv lokal Indonesia juga.

Selesai peperangan Bakumatsu usai, Kenshin Himura yang awalannya menghajar beberapa orang janji tidak membunuh kembali. Kenshin Himura berkemauan untuk bela orang yang memerlukan kontribusinya saja. Dia juga mengelana ke semua penjuru Jepang dengan bawa katana, pedang samurai bermata kebalik kepunyaannya.

Anime kreasi Gosho Aoyama ini pertama kalinya disiarkan oleh Yomiuri TV di tahun 1994. Menceritakan mengenai seorang detektif berusia 17 tahun masih duduk di kursi SMA namanya Shinichi Kudo. Awalannya, detektif muda itu sedang menolong polisi pecahkan kasus pembunuhan di taman selingan saat dia dan teman dekat kecilnya, Ran Mouri, kebenaran sedang bertandang ke situ.

Sesudah usai pecahkan kasus itu, Shinichi menyaksikan gerak-gerik aneh dari 2 orang terdakwa yang tidak ada hubungannya dengan pembunuhan barusan, tetapi Shinichi berprasangka buruk mereka mempunyai tujuan lain ada pada tempat itu. Dia juga mengikuti ke-2 orang berjas hitam itu. Malang, dia kedapatan dan dipukul kepalanya sampai tidak sadarkan diri.

Tidak ingin ada saksi mata, beberapa orang dari Organisasi Jubah Hitam itu juga memberikan minum toksin bikinan pakar klinis mereka ke Shinichi. Obat itu memanglah belum dijumpai hasilnya, tetapi mereka percaya dapat menghancurkan Shinichi. Hingga, sesudah minum toksin, mereka juga pergi, biarkan Shinichi untuk mati.

Namun, obat itu bukanlah membunuh Shinichi, dia justru berkurang kembali seperti anak kecil kembali. Mulai sejak itu, Shinichi Kudo menyarukan identitasnya jadi Conan Edogawa.

Untuk mempermudah dia cari tahu info mengenai Organisasi Jubah Hitam dan bagaimanakah cara memperoleh penawar obatnya, Conan Edogawa tinggal di dalam rumah Kogoro Mouri, ayah Ran. Dia mengharap bila tinggal dengan detektif, karena itu siapa yang tahu satu hari kelak dia akan dengar info mengenai Organisasi Jubah Hitam.

Anime punya Yoichi Takahashi ini mengusung cerita mengenai Tsubasa Ozora, seorang siswa SD yang barusan berpindah dan tinggal di Kota Nankatsu. Tsubasa Ozora yang ingin jadi pemain sepak bola professional langsung mendaftar dianya sebagai anggota club sepak bola di sekolah anyarnya. Club sepak bola itu dipegang oleh kapten Ishizaki.

Sayang, saat club mereka sedang latihan di atas lapangan, tiba club sepak bola yang lain selalu mengusik mereka. Itu ialah club yang dipimpin oleh Genzo Wakabayashi. Dengan ketrampilan yang dipunyai oleh Tsubasa Ozora dalam sepak bola, dia juga sukses menaklukkan club itu. Tsubasa Ozora yang tetap latihan pada akhirnya masuk ke club Nankatsu dan jadi pemain sepak bola yang bisa dihandalkan.

Sampai, satu hari, Tsubasa Ozora berjumpa dengan Roberto Hongo. Saat dianya tumbuh makin dewasa, Tsubasa Ozora juga putuskan ke Brasil dan tergabung dalam club sepak bola Sao Paulo. Perlahan-lahan, kekuatan sepak bola Tsubasa Ozora makin dianggap dunia, dia juga jadi pemain sepak bola andal yang bisa membaca dan mengikuti semua tehnik musuh mainnya.

Jika anime yang ini tentu sangat akrab, donk? Doraemon ialah anime yang terlaku dan terkenal di Indonesia karena ceritanya yang benar-benar enteng dan benar-benar dekat sama kehidupan setiap hari, terutamanya mengenai anak sekolah. Tiap adegan dari Doraemon, punyai narasi yang unik. Tetapi, ceritanya tidak jauh dari Nobita yang selalu meminta pertolongan untuk beberapa alat Doraemon.

Selainnya narasi per-episode, Doraemon sempat juga tampil di Indonesia sebagai movie. Untuk filmnya sendiri juga bermacam dan semua punyai jenis penjelajahan. Antiknya, penjelajahan Nobita dan Doraemon ini ada narasi yang sampai ke luar angkasa lho! Ingin re-watch anime ini?

Anime yang sempat disiarkan di Indonesia yang ini ialah manga kreasi Akira Toriyama yang dikenalkan di tahun 1988. Setahun sesudahnya, manga itu ditayangkan oleh Fuji TV di Jepang, sampai pada akhirnya terkenal sampai ke beragam negara.

“Dragon Ball” menceritakan mengenai cerita penjelajahan Goku dengan beberapa temannya yang ingin selamatkan bumi dari gempuran lawan. Cerita juga bersambung sampai Goku tumbuh dewasa dan jadi figur ayah dari Gohan.

Tetapi, tugasnya belum usai. Raditz, lawan yang awalannya ingin menipu Goku, pada akhirnya melarikan Gohan. Goku juga berpadu dengan Piccolo dan turut serta pada satu pertempuran yang ujungnya meregang nyawa Yamcha, Tien Shinhan, Chiaotzu dan Piccolo sendiri.

Anime tahun 1997 kreasi Masashi Kishimoto ini ditayangkan pertama kalinya oleh TV Tokyo sebelumnya terakhir masuk ke Indonesia. “Naruto” menceritakan mengenai kehidupan seorang ninja yang sebetulnya turunan dari figur Kyuubi, satu ekor monster ubah. Dia ialah Naruro Uzumaki yang dikenali hiperaktif, periang dan berambisi.

Dengan semua tingkah konyolnya, Naruto berusaha merealisasikan mimpinya agar bisa terima gelar Hokage, yakni gelar sebagai ninja paling kuat sekalian pimpinan Dusun Konoha. Naruto sendiri hidup di Dusun Konoha, dusun yang populer dengan ninja tanpa figur orangtua. Pada seri animasi ini ada figur yang lain seperti Sakura, Kakashi dan Sasuke.

Diambil dari manga Jepang kreasi Yoshito Usui, seri animasi “Crayon Shinchan” menceritakan mengenai penjelajahan anak TK berusia lima tahun, yakni Shinnosuke Shin Nohara (Shinchan) dengan orangtua, adik bayi dan anjing pandai namanya Shiro. Orangtua Shinchan namanya Misae dan Hiroshi, dan adiknya namanya Himawari.

Semua keluarga ini mempunyai watak unik. Shinchan dikenali sukai tirukan perilaku orang dewasa dan suka membujuk wanita elok yang lebih dewasa darinya. Tidak itu saja, Shinchan kerap membuat tingkah sampai menyusahkan orang disekelilingnya. Anime kreasi Yoshito Usui pada tahun 1990 ini pertama kalinya disiarkan oleh TV Asahi, 2 tahun sesudah manga itu dikenalkan.

“One Piece” ialah kreasi Eiichiro Oda yang di-launching tahun 1997 ini berisi narasi penjelajahan Monkey D. Luffy. Seri manga ini jadi anime dan disiarkan pertama kalinya oleh Fuji TV.

Luffy ialah figur anak lelaki yang ingin jadi membajak laut. Dia makan buah iblis namanya Gomu Gomu no Mi yang membuat badannya lentur seperti karet. Itu tadi kenapa Luffy selalu memanjangkan badannya saat bertemu dengan lawan.

Luffy sama dengan performanya yang kenakan topi jerami. Luffy bersama Membajak Laut Topi Jerami juga berpetualang cari harta karun yang disebutkan One Piece sampai melingkari Grand Line dan berjumpa dengan lawan yang berbeda.

Anime tahun 1992 kreasi Naoko Takeuchi ini mengusung cerita kepahlawanan yang dipegang oleh beberapa gadis yang berkekuatan super. Mereka memperoleh kemampuan itu dari komponen-komponen alam dan tata surya. Mereka memakainya untuk menantang bermacam lawan yang tiba dari kegelapan dan ingin gagalkan visi mereka.

Satu kelompok gadis itu terbagi dalam Usagi Tsukino sebagai Sailor Moon, Setsuna Meiou sebagai Sailor Pluto, Hotaru Tomoe sebagai Sailor Saturnus, Michiru Kaioh sebagai Sailor Neptune, Minako Aino sebagai Sailor V, Makoto Kino sebagai Sailor Jupiter, Ami Mizuno sebagai Sailor Merkuri, dan Rei Hino sebagai Sailor Mars.

Sailor Moon dan beberapa temannya ditugaskan untuk menuntaskan visi yang mewajibkan mereka cari si putri bulan dan Kristal Perak.

Anime kreasi Hideaki Sorachi yang di-launching di tahun 2003 ini pertama kalinya ditayangkan oleh TV Tokyo. Anime ini masukkan elemen humor dan mempunyai background negara Jepang pada periode jaman Edo.

Jepang dikunjungi alien namanya Amanto yang ternyata tiba untuk menjajah negara itu dengan menyengsarakan warganya. Ada Gintoki Sakata bersama dua temannya, Shinpachi Shimura dan Kagura, yang berusaha untuk bayar sewa bulanan. Segalanya juga dilaksanakan oleh ke-3 orang itu agar bertahan hidup.

Itu barusan kesupuluh anime paling populer yang sempat tampil di Indonesia. Dari ke-10 anime yang telah kami sebut, anime yang mana selalu Anda saksikan?

 

Baca Juga streaming anime