Membayar zakat adalah kewajiban umat Islam hal, tersebut tertuang dalam rukun Islam.  Zakat fitrah terdiri dari beberapa macam. Namun intinya berzakat adalah menunaikan kewajiban untuk membersihkan harta mensucikan diri dan berbagi kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Hukum zakat adalah wajib bagi setiap muslim yang sudah memenuhi syarat-syarat tertentu. Karena zakat merupakan ibadah sama dengan ibadah lainnya seperti salat puasa dan lainnya. hal ini juga sudah diatur dan dirinci dalam Alquran dan Sunnah. Kini pembayaran zakat dimudahkan dengan adanya bayar zakat online. Namun sebelum itu tahukah kamu manfaat zakat untuk para kaum Muslimin dan Muslimah? Simak berikut ini.

1. Bukti Keimanan Dan Ketaatan

Memberikan zakat kepada orang-orang yang membutuhkan adalah cara untuk melengkapi kewajiban sebagai manusia yang taat beragama. Dengan membayar zakat Berarti kamu sudah menunjukkan keimanan kepada Allah SWT. Hal ini karena ketika kamu berzakat Kamu tidak akan mengharapkan imbalan duniawi melainkan ketenangan hati, ridho dan pahala dari Allah SWT.

2. Membersihkan Hati

Ketika kamu membayar zakat, berarti kamu adalah termasuk ke dalam kelompok orang-orang dermawan dan memisahkan diri dari orang-orang kikir. ketika seseorang sudah terbiasa memberi dalam bentuk apapun Baik itu uang pengetahuan atau kebaikan maka orang tersebut akan merasa lebih lengkap. Karena baginya memberikan sesuatu yang berarti untuk orang lain adalah menyenangkan tanpa beban.

3. Menenangkan Hati

Bayar zakat online ini jadi pilihan untuk kamu yang lebih suka cara praktis. Membayar zakat melatih umat Islam untuk selalu ikhlas. Lebih lanjut lagi zakat bermanfaat untuk melatih orang-orang menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus ketika melakukan kebajikan pada orang lain.

Membayar zakat bentuk kamu harus ikhlas tanpa paksaan. Nanti yang kamu rasakan adalah hati dan jiwa lebih tenang dan zakat sendiri membawa banyak keselamatan untuk kamu.

4. Sebagai Tiket Ke Surga

Zakat menjadi salah satu jembatan bagi umat muslim untuk ke surga. Karena umat Islam percaya bahwa adanya surga dan berusaha untuk masuk surga nanti di akhir kehidupan ketika kiamat tiba. ketika kamu membayar zakat maka mendapatkan pahala yang bisa melancarkan untuk tiket menuju surga.

Nanti pada hari kiamat semua umat Islam jam akan dikumpulkan pada padang Mahsyar. nanti di sini semua amalan kamu menjadi tempat yang teduh dari teriknya panas matahari yang tidak tertahankan. Salah satu amalan yang akan melindungi kamu adalah zakat.

5. Meninggal Dengan Tenang

Saat kamu sudah membayar zakat, makam menjauhkan umat Islam dari kematian yang kurang baik. Hal ini karena kamu sudah melaksanakan kewajiban dan pahala dari membayar zakat.

Nantinya zakat bermanfaat ketika kamu sudah meninggal Untuk meringankan dosa dosa yang kamu perbuat semasa hidup. Tentu hal ini akan mempermudah ketika seseorang pergi (meninggal) saat waktunya sudah tiba.

6. Terbiasa Membantu Sesama

Empati saat kamu membayar zakat akan menimbulkan perasaan bahwa saling memiliki antar saudara sesama muslim. Kamu akan merasa memiliki tanggung jawab kepada umat muslim yang membutuhkan, sebagaimana apa yang sudah diberikan Allah SWT kepada kamu, maka kapula berikan pula pada yang membutuhkan.

Demikian beberapa manfaat zakat yang perlu kamu ketahui. Kini pembayaran zakat sudah lebih mudah dilakukan secara online. Bayar zakat online bisa dilakukan dengan blibli.com. Jadi kamu tidak perlu repot lagi untuk mengunjungi tempat pembayaran zakat.

Sistem pembayaran zakat secara online selain memudahkan juga menghemat waktu. Bagi kamu yang sibuk hal ini adalah pilihan yang sangat tepat. Untuk pembayaran zakat secara online kunjungi di Blibli saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here